Penerapan Ability Grouping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII di SMK N 1 Solok
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penerapan ability grouping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII AKL 5 mata pelajaran PAJDM di SMKN 1 Solok. Penelitian dilakukan terhadap 30 peserta didik dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus dengan masing-masing siklus dengan 2 pertemuan. Adapun langkah-langkah penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi. Pada siklus 1 peningkatan belum terlihat jelas sehingga dilakukan pengelompokkan ulang pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ability grouping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Manaruko: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.