Penerapan Ability Grouping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII di SMK N 1 Solok

Authors

  • Eni Mailiza SMKN 1 Solok

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penerapan ability grouping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik  kelas XII AKL 5 mata pelajaran PAJDM di SMKN 1 Solok. Penelitian dilakukan terhadap 30 peserta didik dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus dengan masing-masing siklus dengan 2 pertemuan. Adapun langkah-langkah penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi. Pada siklus 1 peningkatan belum terlihat jelas sehingga dilakukan pengelompokkan ulang pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ability grouping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Mailiza, E. (2023). Penerapan Ability Grouping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII di SMK N 1 Solok. Manaruko: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 22–29. Retrieved from https://jmpe.ppj.unp.ac.id/index.php/manaruko/article/view/11