Peran Rumah Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Teluk Kabung Tengah

Authors

  • Salsabilla Mulya Putri Universitas Negeri Padang
  • Nira Wahyuni
  • Aurelia Anastasya
  • Ahmad Rakha F
  • Hanafi

DOI:

https://doi.org/10.24036/manaruko.v2i2.28

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang adalah kecanduan main gadget/hp pada anak-anak dan orang tua menyatakan kekurangmampuan mereka dalam membagi waktu antara bekerja dan tetap memberikan pembelajaran yang baik kepada anak-anak mereka apalagi masa libur sekolah. Salah satu program yang dilaksanakan di Kelurahan Teluk Kabung Tengah RW 02 dari mahasiswa KKN UNP 2023 adalah Rumah Belajar. Tujuan diadakannya program Rumah Belajar adalah memotivasi anak-anak untuk lebih meningkatkan semangatnya dalam belajar dan memiliki literasi yang baik sejak usia dini dari pada bermain gadget terus-menerus. Hasil dari program Rumah Belajar ini adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu program Rumah Belajar ini juga dapat membantu anak yang belum mengenal huruf, angka agar dapat memahaminya sejak usia dini dan untuk siswa dapat mengurangi kecanduan gadget apalagi saat libur sekolah 

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Mulya Putri, S., Nira Wahyuni, Anastasya, A., Ahmad Rakha F, & Hanafi. (2023). Peran Rumah Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Teluk Kabung Tengah. Manaruko: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.24036/manaruko.v2i2.28